5 Cara Mengatasi Error Google Play Store di Android dengan Mudah - Andri Aldemar
5 Cara Mengatasi Error Google Play Store di Android dengan Mudah

5 Cara Mengatasi Error Google Play Store di Android dengan Mudah

5 Cara Mengatasi Error Google Play Store di Android
Cara Mengatasi Error Pada Google Play Store - Google Play Store merupakan layanan konten digital milik Google Inc, didalamnya mencakup berbagai macam kebutuhan untuk Android, seperti aplikasi, game, buku, lagu, film, dan lain sebagainya.

Namun sangat disayangkan, karena selalu terjadi beberapa permasalahan pada Google Play Store. Salah satu hal yang sering terjadi adalah pembaharuan aplikasi Google Play Store ke versi terbaru.

Jika hal tersebut terjadi, maka akan membuat beberapa pengguna android sedikit kebingungan. Namun, sebenarnya kamu dapat melakukan beberapa hal berikut ini Cara Mengatasi Error Google Play Store di Android dengan Mudah.

5 Cara Mengatasi Error Pada Google Play Store

1. Paksa Berhenti

Cara pertama yag bisa kamu lakukan untuk mengatasi error pada Google Play Store adalah dengan Memaksa berhenti sistem Google Play Store, karena cara tersebut bisa saja menjadi solusi utama untuk mengatasi berbagai macam permasalahan, termasuk yang terkait dengan update aplikasi tersebut. Memaksa berhenti aplikasi bisa mengatur ulang aplikasi untuk memulai dari awal lagi.

kamu dapat menemukan opsi paksa berhenti melalui menu Settings atau Pengaturan, kemudian masuk ke opsi Aplikasi, kemudian memilih aplikasi yang akan dipaksa berhenti, yang mana dalam kasus kali ini adalah Google Play Store. Setelah masuk ke App Info, pilih Force stop atau Paksa berhenti.

Secara otomatis, aplikasi akan berhenti bekerja di perangkat androidmu. Untuk mengaktifkannya kembali, kamu hanya perlu membuka aplikasi tersebut.

2. Restart Perangkat

Jika memaksa berhenti aplikasi belum menyelesaikan masalah pembaruan Google Play Store ke versi terbaru, maka kamu dapat mencoba memuat ulang perangkatnya.

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa Google Play Store bekerja berkaitan dengan beberapa aplikasi lain, seperti Google Play Services, Google Play Game dan lainnya. Sehingga, kadang kala eror bisa terjadi bukan pada Google Play Store saja, melainkan pada aplikasi lain tersebut.

Mengingat hal tersebut, kamu dapat memuat ulang semua aplikasi yang berhubungan dengan Google Play Store dengan memuat ulang atau merestart Smartphonemu. Cara ini lebih efisien jika dibandingkan harus masuk satu per satu kedalam App Info masing-masing aplikasi.

3. Bersihkan Cache

Cache memang sangatlah membantu, karena dapat membuat sebuah aplikasi atau sistem bekerja dengan lebih cepat tanpa harus membuat data baru. Namun, cache juga dapat membuat terjadinya error pada aplikasi, karena tanpa sengaja nyantol pada data cache.

Permasalahan perbaharui Google Play Store ke versi yang terbaru juga dapat muncul akibat hal ini. Oleh karena itu, kamu harus membersihkan cache pada aplikasi Google Play Store, atau data cache dari perangkat secara menyeluruh.

Untuk membersihkan data cache aplikasi, kamu dapat membuka menu App Info untuk Google Play Store dan aplikasi terkait, sama seperti cara sebelumnya. Setelah masuk ke App Info, buka Storage & Memory atau opsi yang berkaitan dengan penyimpanan jika tidak ada. Kemudian pilih Clear Cache.

4. Bersihkan Data

Jika masih eror, maka bisa juga disebabkan karena adanya data lama yang konflik atau bertabrakan dengan data yang baru. Pada saat memperbaharui aplikasi di Google Play Store, data baru biasanya akan menimpa data lama. Namun pada beberapa kasus, hal tersebut tidak terjadi.

Oleh karena itu, kamu dapat membersihkan data aplikasi untuk menghilangkan data yang tertumpuk di penyimpanan. Cara ini juga dapat kamu digunakan untuk membersihkan cache dengan sekaligus.

Untuk membersihkan data aplikasi, kamu dapat masuk ke dalam menu Storage & Memory di App Info, seperti langkah sebelumnya. Namun, kamu seharusnya memilih tombol Clear data, bukan memilih tombol Clear cache.

5. Reset Ulang Perangkat

Jika permasalahan tersebut tidak berhasil diatasi, alangkah baiknya kamu melakukan reset atau format ulang perangkat smartphonemu. Hal ini disebabkan karena eror pembaruan Google Play Store bisa terjadi karena berbagai macam hal termasuk virus dan juga kehabisan tempat penyimpanan.

Dengan melakukan reset ulang perangkat, kamu akan mendapati perangkatnya seperti dalam kondisi baru, yang notabene tidak ada permasalahan di dalam perangkat tersebut.

Baca Juga : 2 Cara Mudah Ganti Font MIUI 9 Agar Tampil Beda No Root

Kesimpulan, beberapa cara diatas merupakan sebagian hal yang dapat saya sampaikan, selebihnya masih banyak lagi, untuk Cara Mengatasi Error Pada Google Play Store bisa kamu lakukan cara-cara diatas, karena cara tersebut sudah saya coba dan terbukti berhasil.

Terima kasih sudah membaca artikel 5 Cara Mengatasi Error Google Play Store di Android dengan Mudah ini, jangan lupa untuk selalu berkunjung ke blog Andrialdemar.blogspot.com

0 Response to "5 Cara Mengatasi Error Google Play Store di Android dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel