10 Cara Ampuh Menghilangkan Lag di Mobile Legends Android - Andri Aldemar
10 Cara Ampuh Menghilangkan Lag di Mobile Legends Android

10 Cara Ampuh Menghilangkan Lag di Mobile Legends Android

Hasil Gambar Cara Mengatasi Lag Mobile Legend
Cara Mengatasi Lag Mobile Legends - Mobile legends atau yang lebih akrab di sapa ML merupakan sebuah game bergenre MOBA yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Moonton. Game Mobile legends ini sekarang sedang populer karena jumlah playernya yang sangat banyak, entah itu dari kalangan dewasa maupun kalangan anak-anak.

Game Mobile legends ini bisa dimainkan secara tim dengan gameplay 5 vs 5, Nahh, disaat kamu sedang memainkan game ini tiba-tiba terjadi patah-patah atau Lag, jika terjadi hal itu tentunya kamu tidak bisa menikmati permainan tersebut dan merugikan tim.

Oleh karena itu, kali ini saya akan membahas bagaimana cara mengatasi Lag dan cara mengatasi patah-patah di dalam game Mobile Legends.

1. Memakai Aplikasi Game Booster

Cara mengatasi lag di Mobile Legend yang pertama adalah kamu diharuskan untuk install aplikasi game booster. Aplikasi ini membuat tenaga smartphone kamu menjadi maksimal dan mampu bermain game berat sekalipun.

Tidak ada konfigurasi, semuanya dilakukan secara otomatis oleh aplikasi. Dan juga, aplikasi ini bisa blok notifikasi yang mengganggu kamu disaat sedang main game.

2. Memakai Aplikasi Internet Booster

Selain aplikasi game booster, kamu juga membutuhkan aplikasi internet booster. Pasalnya jaringan internet di smartphone android kerap kali dibagi untuk banyak hal, seperti chattingan, update aplikasi dan hal lainnya.

Untuk bermain game ini kamu harus memiliki koneksi yang lancar dan tidak terganggu. Sayangnya hal yang saya sebutkan di atas, malah membuat jaringan menjadi tidak stabil. Untuk memastikan jaringan internet kamu tetap stabil dan tidak terganggu, kamu butuh aplikasi internet booster.

3. Gunakan Koneksi Jaringan 4G atau Koneksi WiFi yang Stabil

Karena Mobile Legends adalah game Online, kamu membutuhkan koneksi internet yang stabil dan kencang, terutama Ping di bawah 200ms.

Nah saya sarankan kamu untuk menggunakan konektivitas 4G LTE atau terhubung ke jaringan WiFi yang jaringannya stabil. Agar sinyal tidak terganggu, kamu bisa bermain di ruangan yang terbuka.

4. Bersihkan Aplikasi yang Berjalan

Dibandingkan dengan Vainglory dan AOV, Mobile Legends memang terkenal lebih ringan, memiliki ukuran file yang lebih kecil, dan mampu berjalan dengan sangat lancar di smartphone dengan RAM 1 GB.

Sebelum kamu akan memulai bermain game Mobile Legends, kamu di haruskan untuk membersihkan terlebih dulu aplikasi yang sedang berjalan dengan cara klik tombol multitasking atau recent apps.

Cara mengatasi lag di Mobile Legends ini sangat berguna untuk membebaskan RAM pada smartphone, sehingga kamu dapat maksimal bermain Mobile Legends tanpa terkena lag dan patah-patah.

5. Pastikan Smartphone Dalam Mode Performa

Pada smartphone android ada beberapa yang mempunyai  mode performa. Smartphone ASUS misalnya, terdapat empat mode yakni Performance, Normal, Power saving, dan Super Saving. Secara default biasanya smartphone berjalan pada mode 'Normal'.

Jadi, pastikan kamu mengubahnya ke mode performa untuk mendapatkan pengalaman gaming yang sangat memuaskan, terkhusus Mobile Legends. Akan tetapi, baterai smartphone akan jadi sedikit lebih boros tapi yang paling penting adalah tidak lag.

Untuk cara mengeceknya buka Settings > Power management > Power saver.

6. Mengubah Kualitas Grafis

Mobile Legends sudah menyediakan tiga pilihan untuk mengatur tingkat kualitas grafis yang ditampilkan yakni Low (rendah), Mid (menengah), dan High (tinggi). Secara default kualitas grafis yang digunakan adalah Mid atau menengah.

Jika kamu menyadari kualitas koneksi internet dan spesifikasi smartphone yang kamu gunakan tidak kompetibel dengan game. Maka kamu harus kamu harus mengatur tingkat kualitas grafis ke Low.

Sementara jika kamu menggunakan smartphone dengan spesifikasi Wow dan memiliki koneksi internet yang super kencang, mengatur kualitas grafis ke High atau tinggi tentunya memberikan pengalaman bermain game MOBA di smartphone menjadi sangat menakjubkan.

Jadi, sesuaikan saja tingkat kualitas grafis dengan kondisi smartphone dan sinyal kamu. Kamu dapat mengatur melalui 'Basic info' alias profil, pilih Options dan ubah kualitas grafis ke 'Low'.

7. Jangan Main Sambil Charge

Cara mengatasi lag di Mobile Legend berikutnya adalah jangan bermain dalam kondisi mengisi daya baterai. Daya hantar listrik juga mempengaruhi performa smartphone androidmu dan hawa panas yang berlebihan juga bisa mengakibatkan kinerja yang game menjadi lag dan patah-patah.

Jadi, pastikan kamu memiliki cukup baterai ketika bermain game Mobile Legends, jika terpaksa bermain sambil ngecharge, pastikan kamu menggunakan kabel yang original. Nah kalau suhu smartphone sudah lumayan panas, buka case smartphonemu yang melekat agar hawa panas tersalurkan dengan baik.

8. Gunakan mode airplane

Mode Airplane atau biasa yang disebut Mode Pesawat sangat banyak kegunaannya, salah satunya untuk mencegah orang dari menelpon ketika sedang memainkan game, agar tidak membuat aplikasi bawaan HP (telephone) bekerja.

Jika telephone bekerja dan dipadukan sekaligus dengan game ML biasanya akan terjadi lag dan patah-patah. jadi mode airplane juga berguna agar game Mobile legends tidak lag.

9. Aktifkan Speed Mode

Jika kamu pengguna sinyal 4G, terutama 4G Telkomsel cobalah untuk selalu mengaktifkan speed mode saat akan memainkan Mobile legends supaya tidak terjadi lag saat sedang bermain game.

10. Update Android OS 

Bagi pengguna Android, menggunakan OS Android yang lama seperti misalkan, menggunakan jellybean tidak bisa memainkan game ini.

Maka dari itu cek pengaturan di Android apakah menggunakan OS yang lama atau yang baru, untuk cara mengeceknya kamu lakukan hal berikut ini:

Pergi  ke settings (ikon roda gerigi), Selanjutnya kamu pilih About Phone Dan terakhir System Updates

Baca Juga : Jangan Dipakai Kalau masih Pemula! Ini dia 10 Hero Paling Sulit Dipakai di Mobile Legends

Kesimpulannya, Cara diatas memang sudah terbukti dan berhasil pada beberapa Smartphone Android, akan tetapi masih banyak juga yang gagal. Mungkin ada beberapa masalah lain yang menimbulkan Lag pada Mobile Legends, salah satunya terletak pada Kartu Provider yang kalian pakai.

Terima Kasih sudah membaca artikel 10 Cara Ampuh Menghilangkan Lag di Mobile Legends Android ini, dan jangan lupa untuk selalu berkunjung ke blog Andrialdemar.blogspot.com

0 Response to "10 Cara Ampuh Menghilangkan Lag di Mobile Legends Android"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel